7 Alasan Blogger Jarang Update Blog

Ngakunya blogger tapi kok jarang update postingan terbaru sih? Hayoo siapa blogger yang blognya sudah kayak sarang laba-laba, saking lamanya nggak update. 

Cung angkat tangan.

Duh, saya merasa kesentil nih. Walau sampai sekarang masih aktif ngeblog, tapi  sebenarnya nggak bisa dibilang rajin juga. Lihat saja postingan di blog ini baru beberapa biji doang padahal sudah ada dari tahun 2021 aka umurnya sudah 2 tahun lebih lho.

Kalau rajin diisi seharusnya bisalah nyampai minimal 100 post tapi ini cium angka 50 saja nggak, ckck.

Kalau bisa bicara, mungkin blog ini akan ngomong gini, nasib bukan blog pertama jadi nggak keurus.

Duh, maafkeun pemilikmu ini ye yang masih belum bisa konsisten dan bagi waktu dengan baik mengurus blog-blognya. Semoga setelah menulis postingan ini bisa makin rajin juga update postingan di catcil.com (aaminn yang kencang).


Jarang update blog, kenapa bikin blog baru lagi?

Sebelum bahas macam-macam alasan blogger jarang update blog, yuk kepoin dulu alasan saya bikin blog baru lagi, padahal nggak rajin update post.

Jujurly, dulu saya juga termasuk blogger yang punya slogan, 1 blog saja cukup. Nggak mau dua apalagi lebih wong urus 1 blog saja masih suka keteteran.

Namun slogan itu berubah setelah saya merasakan betapa menyenangkan bisa mendapatkan penghasilan dari blog. Coba bayangkan, kalau 1 blog yang kita urus dengan baik saja bisa menghasilkan sekian juta tiap bulannya, gimana kalau kita punya lebih dari 1 blog, makin untung dong!

Apalagi setelah mendapati teman-teman blogger sudah mulai banyak yang melakukan ternak blog, saya langsung teracuni. Jadilah, tanpa pikir panjang saya segera pesan domain dan membangun blog baru.

Nah, catcil.dom ini adalah blog kedua yang saya buat. Tadinya blog ini menggunakan domain dengan nama siskadwyta.my.id tapi karena  ekstensi my.id performanya kurang bagus untuk dimonetisasi dan mumpung isi blog ini juga belum terlalu banyak jadi saya memutuskan saja untuk ganti nama domain dan menggunakan ekstensi .com.

Ya, awal-awalnya alasan saya sengaja bikin blog lebih dari 1 memang karena ikut-ikutan. Tapi, belakangan baru terbukalah pikiran saya bahwa blog bisa jadi investasi digital. 

Jadi, menurut saya pribadi nggak ada ruginya sih kalau kita mau bikin blog banyak. Cuma konsekuensinya ya itu, harus diurus dengan baik. Jangan bisanya cuma bikin blog lalu ditelantarin gitu saja. Well, ini juga masih jadi PR besar buat saya.

Karena itu saya merasa perlu ikut menuliskan alasan-alasan mengapa jarang update blog, khususnya di blog catcil.com ini agar bisa menjadi bahan koreksi dan perbaikan ke depannya.

Alasan Jarang Update Blog di Catcil.com

Saya rasa bukan saya seorang. Banyak blogger di luar sana yang juga jarang update postingan terutama postingan organik. Kalau blogger yang lancar dapat job pasti lancar juga update postingannya, iya nggak? Hehe.

Sebenarnya ada banyak alasan mengapa blogger jarang update postingan, mulai dari hiatus, banyak kesibukan di dunia nyata dan lain sebagainya.

Kalau saya pribadi, alasan jarang update blog khususnya di catcil.com karena seperti yang saya jelaskan di bawah ini :

Kelola lebih dari 1 blog

Seperti yang sudah saya singgung di atas, saya mengelola lebih dari 1 blog. Total semua blog yang saya miliki sejauh ini baru 5 buah, itu pun terbilang masih sedikit dibanding dengan blogger-blogger lain yang blognya berjumlah belasan hingga puluhan bahkan mungkin ada yang ratusan. Eh, itu gimana ngelolanya ya, hehe.

Konsekuensi kalau punya blog lebih dari 1 ya harus siap berbagi ide, tulisan dan waktu buat posting di semua blog yang dimiliki. Nah, ini yang jadi kendala utama. Nyatanya sampai sekarang saya masih belum bisa mengelola semua blog saya dengan baik. 

Terlalu banyak ide

Ada blogger yang mungkin punya alasan tidak update blog karena kehabisan ide. Saya malah sebaliknya. Sebenarnya ada banyak ide tulisan yang ingin saya tuangkan di blog ini. Belum lagi ide untuk blog-blog saya yang lainnya

Tapi terlalu banyak ide ternyata efeknya nggak baik ya. See! Saking banyak ide, nyaris nggak ada yang saya eksekusi.

Tidak ada target

Ini juga jadi alasan kenapa saya jarang update blog di sini. Karena saya nggak punya atau lebih tepatnya belum membuat target update postingan di bulan ini.

Selama ini saya postingnya ya masih sesuka hati. Kalau pengen posting ya posting kalau nggak ya nggak. Beda halnya kalau ada target, pasti saya bisa lebih fokus dan memenuhi target tersebut.

Tidak ada job

Nggak dimungkiri ya, para blogger pasti semangat posting kalau dapat job. Apalagi kalau jobnya berupa content placement. Enak, tinggal posting doang karena artikel sudah disediakan oleh klien.

Saya pun demikian, semangat banget kalau dapat job. Sayangnya blog ini karena tak terurus dengan baik sehingga sepi juga dari job. Upst!

Ya, meski begitu blog ini juga sudah pernah mendapatkan penghasilan, pernah juga ketiban 200$ lhoAlhamdulillaah. That's why? saya bilang nggak ada ruginya punya blog lebih dari 1 cuma ya itu kudu effort besar.

Eh tapi jangan ikut-ikutan ya. Ada atau tidak adanya job harus rajin posting. Itu baru namanya blogger sejati. Jangan kayak saya yang masih jadi blogger uring-uringan *eh

Punya kesibukan lain

Untuk alasan yang satu ini sepertinya dialami hampir semua blogger kecuali full time blogger. Kalau emak rumah tangga yang nyambi ngeblog seperti saya pastinya nggak bisa kerjaannya sepanjang waktu cuma urus blog. 

Ada suami dan anak-anak juga yang utama harus diurus. Blogger sebatas kerjaan sampingan. Jadi semua urusan domestik beres baru deh saya bisa curi-curi waktu buat ngeblog.

Sedang dalam perjalanan

Termasuk yang menghalangi saya buat update postingan adalah saat saat safar atau dalam perjalanan. Eniwei, saya termasuk tipe blogger yang ngeblognya hanya mengandalkan hape.

Enaknya ngeblog pake hape ya bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kendati demikian,  saya tuh paling malas buka blog jika dalam perjalanan, entah itu perjalanan darat, laut maupun udara. Jadi bisa dipastikan kalau lagi dalam perjalanan saya nggak bakal update blog kecuali jika benar-benar dalam keadaan terdesak.

Sakit atau kedukaan

Satu lagi alasan yang menghalangi saya update blog. Jika saya dalam keadaan sakit atau berduka karena kepergian orang terdekat. Nah, ini yang baru-baru saya alami. 

Mertua saya baru tiga hari meninggal setelah sebelumnya diuji dengan sakit kronis. Selama itu saya benar-benar nggak bisa fokus buat nulis. Ini saja karena nggak pengen berlarut dalam duka jadi berusaha semangat dengan mulai update blog lagi. 

Oke, itu dia beberapa alasan saya jarang update blog. Kamu juga jarang update blog? Alasannya apa? Boleh dong sharing di kolom komentar

.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url