Kenali Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Biasa

Sudah tahu belum perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp biasa? Atau jangan-jangan selama ini kamu menganggap WhatsApp yang sering digunakan para pelaku usaha dan WhatsApp yang biasa kamu gunakan untuk berkirim pesan merupakan aplikasi yang sama.

Hingga saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan WhatsApp bisnis dan WhatsApp untuk personal. Padahal terdapat perbedaan yang mencolok antara keduanya.

Nah, apa saja perbedaan WhatsApp Business platform dan WhatsApp biasa? Yuk kita bahas!

Kenali Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Biasa

Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsAp Biasa

WhatsApp merupakan aplikasi berkirim pesan dan panggilan sederhana yang paling populer di dunia. 

Bayangkan saja, hingga saat ini ada lebih dari 2 miliar orang di lebih dari 180 negara yang menggunakan WhatsApp untuk tetap terhubung dengan siapa pun baik itu keluarga, teman maupun kerabat kapan sajabdan di mana saja.

Karena kepopulerannya itulah sehingga WhatsApp juga mengembangkan platformnya untuk kepentingan bisnis dengan merilis WhatsApp Business pada tahun 2017.

Sesuai namanya, WhatsApp Business dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat meningkatkan komunikasi para pebisnis dengan konsumennya.  

WhatsApp bisnis ini juga masih terbagi lagi menjadi dua, ada WhatsApp Bisnis Biasa (gratis) dan ada juga WhatsApp Bisnis API (berbayar)

Agar lebih jelas, berikut beberapa perbedaan antara WhatsApp bisnis dan WhatsApp biasa ;

Logo

Logo whatsapp biasa dan whatsapp bisnis

Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp reguler yang paling menonjol bisa kamu lihat pada logo aplikasi.

Keduanya sama-sama menggunakan latar dengan warna hijau khas WhatssApp namun ikonnya berbeda. 

WhatsApp Bisnis menggunakan ikon huruf "B" sedangkan WhatsApp biasa hadir dengan ikon telepon.

Informasi profil

Perbedaan berikutnya bisa kamu temukan pada informasi profil. Pada WhatsApp biasa informasi profil yang dapat ditampilkan hanya sedikit yaitu nama pengguna, deskripsi dan nomor telepon.

Sedangkan pada WhatsApp bisnis kamu bisa membuat profil dengan informasi yang lebih lengkap, meliputi nama bisnis, kategori bisnis, jam kerja, alamat bisnis, situs web dan katalog produk.

Centang hijau

Perbedaan selanjutnya antara WhatsApp bisnis dan reguler adalah tanda centang hijau. Tidak seperti WhatsApp biasa, WhatsApp Bisnis memverifikasi akun para pebisnis.

Namun berbeda dengan tanda centang biru untuk akun terverifikasi di Instagram dan Twitter, akun yang terverifikasi di WhatsApp Business memiliki tanda centang hijau.

Jadi jika kamu menemukan kontak dengan lencana centang hijau itu berarti nomor tersebut merupakan nomor pebisnis atau perusahaan yang telah terverifikasi.

Fitur Pesan otomatis

Jika menggunakan WhatsApp kamu tentu tidak bisa mengatur pesan otomatis. Beda halnya dengan WhatsApp bisnis, dimana kamu bebas mengatur menjawab pesan pelanggan secara otomatis.

Cukup dengan mengaktifkan fitur ini, kamu tidak perlu lagi stand bye untuk membalas pesan konsumen secara manual.

Chatbot

Berbeda dengan pesan otomatis, chatbot atau robot chat merupakan fitur yang digunakan untuk melayani pertanyaan-pertanyaan dan pesan masuk dari customer yang bersifat umum dan sering ditanyakan.

Melalui Chatbot, kamu dapat mengarahkan konsumen untuk  mengikuti langkah-langkah yang sudah kamu atur sebelumnya. Misal untuk proses transaksi, pembayaran, pengajuan return dan lain sebagainya.

Fitur ini hanya ada pada WhatsApp Bisnis API dan tidak bisa kamu temukan pada WhatsApp biasa.

Broadcast

Fitur berikutnya yang dimiliki WhatsApp Bisnis API dan tidak terdapat pada WhatsApp biasa adalah Broadcast atau WhatsApp Blast.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengirim pesan secara massal sekaligus ke banyak pelanggan secara bersamaan dengan template pesan yang sudah kamu atur sebelumnya.

Template pesan tersebut berasal dari Sistem CRM yang telah terintegrasi melalui API dan menjadi satu dashboard.

Multi-user

WhatsApp biasa hanya bisa digunakan oleh satu pengguna saja. Beda halnya dengan WhatsApp Bisnis bisa digunakan oleh dua orang.

Apalagi jika menggunakan WhatsApp Bisnis berbayar, akun WhatsApp kamu bisa diakses lebih dari dua orang di tempat berbeda dengan perangkat yang berbeda. 

Laporan Statistik

Fitur yang satu ini juga hanya ada di WhatsApp Business dan tidak terdapat pada WhatsApp biasa. Dengan menggunakan WhatsApp bisnis kamu dapat melihat laporan terkirim dan tidak terkirim. Namun untuk bisa mendapat laporan yang lebih detail lagi seperti data real time pelanggan makan kamu harus menggunakan WhatsApp Bisnis API.

Itu dia beberapa perbedaan antara WhatsApp Bisnis dan WhatsApp biasa. Sekarang sudah bisa membedakan keduanya, kan?

Penutup

Jika ditanya mana yang lebih bagus, WhastApp Bisnis atau WhatsApp biasa jawabannya tentu kembali pada tujuan kamu menggunakan aplikasi WhatsApp.

Jika kamu memiliki bisnis yang sudah memiliki banyak pelanggan WhatsApp bisnis adalah pilihan yang tepat karena dapat membantu dan memudahkan kamu dalam menjalankan bisnis.

Contohnya saja seperti melakukan promosi atau memberikan pemberitahuan terbaru mengenai bisnismu, kamu pasti membutuhkan fitur broadcast yang dapat mengirim ke banyak kontak sekaligus.

Sebaliknya, dengan fitur yang simple dan ringan, penggunaan WhatsApp biasa sudah cukup buat kamu yang butuh aplikasi ini sebatas untuk berkomunikasi atau terhubung dengan orang lain.

Sekian ulasan Catcil mengenai perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp biasa. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url