Tools Wajib Buatmu yang Ingin Ngeblog lewat Hape

Tidak terasa sudah hampir 6 tahun saya ngeblog menggunakan hape. Mulai dari beli domain, menghubungkannya ke platform Blogger dan Wordpress, mengganti template blog hingga proses membuat konten. Dari yang mulanya hanya mengurus satu blog dan kini telah beranak pinak.

Semua benar-benar hanya mengandalkan hape. Bahkan saat menulis postingan ini saya tidak tahu bagaimana penampakan blog-blog saya versi dekstop saking lamanya tidak bersentuhan dengan gawai berlayar besar tersebut.

Tools Wajib Buatmu yang Ingin Ngeblog lewat Hape

Alasan Ngeblog lewat Hape

Mungkin diantara kamu ada yang penasaran dan bertanya-tanya, kok ngeblognya pake hape? Kenapa nggak lewat dekstop saja kan lebih nyaman membuat kontennya, bisa leluasa juga menulisnya.

Iya juga sih tapi gimana ya kalau sudah terbiasa gini. Susah diubah! Yup, alasan utama saya ngeblog lewat hape karena TERBIASA. Sudah terlanjur nyaman akhirnya keterusan

Padahal aselinya dulu saya pertama kali ngeblog itu lewat laptop dan sempat merasakan kesulitan juga kalau ngeblognya lewat hape. Eh sekarang malah sebaliknya. 

Sebenarnya beberapa waktu lalu saya sudah sempat coba menulis postingan blog pake desktop, tapi tahu nggak, berjam-jam saya menatap layar hanya sedikit kata yang berhasil terangkai. Nyampai 3 paragraf pun tidak.

Pikiran saya kayak stuk gitu. Duh, ya ampun! Padahal kalau saya menggunakan hape, ibu jari ini langsung lincah mengetik. Ide-ide buat menulis seperti mengalir deras kayak air.

Lha ini kenapa sekalinya berhadapan dengan layar laptop, saya jadi bleng! Mungkin karena efek tidak biasa itu. Mungkin saya harus kembali beradaptasi dan membiasakan diri kembali ngeblog lewat laptop baru bisa lancar lagi menulisnya. Mungkin ya. 

Lagi-lagi ini hanya masalah kebiasaan saja. Ala bisa karena biasa. Ya kan?

Nah, kalau kamu tertarik juga mau lancar ngeblog lewat hape seperti saya, sini saya bisikin rahasianya!

Tools Wajib untuk Lancar Ngeblog lewat Hape

Ngeblog lewat hape itu nggak susah kok karena hape-hape yang ada sekarang kan pada pintar semua. Beda dengan hape zaman Nokia masih berjaya. Belum begitu canggih sehingga rada susah dipake buat ngeblog.

Seingat saya untuk publish 1 postingan di hp Nokia itu butuh perjuangan banget lho. Makanya dulu saya nggak suka ngeblog via hape. Ribet soalnya.

But now, saya malah ketagihan melakukan aktivitas blogging dengan ponsel pintar karena super praktis dan cocoklah buat emak-emak yang punya jam terbang tinggi kayak saya *eaa.

Intinya, hape zaman sekarang tuh sudah sangat mendukung pekerjaan blogger. Buktinya, selama bertahun-tahun menekuni pekerjaan digital ini saya masih bertahan tuh ngeblog via hape.

Namun tidak dimungkiri, kelancaran saya dalam ngeblog melalui gawai layar kecil ini tidak lepas dari peran berbagai tools yang akan saya spill-kan di bawah ini.

Penasaran, apa saja tools atau aplikasi yang sering saya gunakan untuk ngeblog? Yuk yuk langsung saja kita ulas!

Chrome

Chrome

Tool wajib pertama adalah Chrome. Sebenarnya bukan cuma Chrome, kamu juga bisa menggunakan browser lain seperti aplikasi internet bawan hape, opera mini dan lain sebagainya.

Intinya, tool yang dapat menghubungkan kamu dengan platform blog baik Blogger maupun Wordpress. Tapi kalau saya sih nyamannya pake Chrome.

Mau ngeblog lewat PC juga pasti menggunakan browser web. Hanya saja ukurannya lebih besar. menyesuaikan layar PC. Kalau menggunakan hape ya jelas tampilan browsernya kecil, versi mobile

Nah, lewat tool inilah saya melakukan berbagai aktivitas blogging seperti googling untuk mencari ide dan referensi, menulis langsung di dasbor blog, mengompres gambar secara online,  publikasi postingan dan blogwalking

Termasuk juga untuk menghubungkan domain ke blog atau hosting, ganti template, cek performa blog lewat Google Analytics, Google Search Console dan masih banyak lainnya. Itu semua saya lakukan lewat Chrome atau browser yang ada di hp.

Google Dokumen

Google dokumem

Tool wajib kedua adalah Google Dokumen. Aplikasi ini sungguh sangat membantu melancarkan pekerjaan saya sebagai blogger sekalipun saya hanya menggunakan hape.

Jadi selain menulis langsung di halaman blog, saya juga sering membuat draft tulisan pake aplikasi ini. Apalagi jika ada tawaran job yang berhubungan dengan file word.

Nggak harus membuka atau membuat filenya lewat laptop. Lewat hape pun bisa. Yuppy, Google Dokumen jadi andalan saya untuk mengakses file tersebut baik itu berupa brief atau artikel content placement untuk diposting di blog.

Atau ketika klien minta dikirimi draft terlebih dahulu ya, saya cukup ngerjainnya lewat Google Dokumen yang terpasang di gawai saya. Oh ya saya juga buat Invoice pake aplikasi ini. Multifungsi banget, kan? Hehe.

Canva 

Canva

Tool wajib ketiga ada Canva. Kalau ini mah memang aplikasi andalannya para blogger untuk membuat desain gambar atau infografis yang menarik.

Tuntutan blogger zaman sekarang ya, nggak bisa kalau cuma pintar menulis, harus jago desain juga. 

Hihi, jadi ingat waktu awal-awal ngeblog dulu, selesai menulis langsung publish, nggak pusing cari gambar. Asalkan tulisan beres. Selesai! 

Because, di pikiran saya kala itu, gambar tidak penting, yang penting itu tulisannya. Jadilah blog post jadul saya kebanyakan tanpa gambar.

Belakangan baru ngeh, ternyata gambar dalam sebuah postingan blog sangatlah penting. Ibaratnya kayak sayur dan garam. Nggak ada gambar nggak asik, nggak enak rasanya. Hambar! 

Untung sekarang ada Canva, aplikasi desain grafis yang mudah banget digunakan. Aplikasi ini sering saya gunakan untuk cari gambar sekaligus bikin featured image dan infografis. Eh yang terakhir itu pas lagi rajin saja sih.

Atau kalau nggak sempat buka Canva, saya biasa langsung cari gambar untuk keperluan blog di situs penyedia gambar gratis seperti freepik.com, unplash.com, pixbay.com dan lain sebagainya.

WhatsApp

WhatsApp

Tool wajib keempat yaitu WhatsApp (WA). Aplikasi chat yang satu ini pasti ada di gawai kamu. Mungkin kamu heran apa hubungannya aktivitas blogging dengan WA? 

Eits jangan salah, pekerjaan blogger itu bukan semata-mata membuat konten blog doang tetapi juga harus rajin silaturahmi dengan blogger lain, termasuk saling support.

Nah, di aplikasi chat favorit sejuta umat ini, ada banyak grup-grup dari komunitas blogger yang tujuan dibentuknya selain agar komunikasi bisa lancar juga berbagi informasi sekaligus saling dukung sesama blogger.

Jadi itulah manfaatnya WA buat blogger termasuk yang ngeblognya cuma pake hape. Biar bisa akrab dengan blogger lain dari berbagai daerah, agar nggak ketinggalan informasi seputar dunia blog dan yang terpentingnya lagi ada aktivitas saling support untuk meningkatkan performa blog.

Oh ya untuk bisa bergabung di WAG blogger tentunya kamu harus gabung di komunitasnya dulu ya! Kecuali grup yang dibuat khusus untuk support dan terbuka para bloggerkamu bisa langsung hubungi adminnya.

Beidewei, saya mengelola dua WAG support untuk meningkatkan traffik blog. Kalau kamu tertarik mau gabung, boleh langsung japri saya, hehe.

Media sosial

Media sosial

Tool wajib kelima sekaligus yang terakhir adalah media sosial seperti facebook, twitter, instragram, tiktok, dan semacamnya  

Aplikasi media sosial ini penting bagi blogger biar tetap eksis di dunia maya. Jadi setelah publish, postingan blog kamu itu jangan dibiarin gitu saja tapi sebarlah ke semua akun media sosial yang kamu punya agar semakin besar peluang orang lain berkunjung dan membaca postinganmu di blog.

Seperti halnya WhatsApp, media sosial juga membantu kamu terhubung dengan blogger lain. Terutama kalau kamu mau gabung di komunitas blogger. Paling tidak kamu harus punya akun facebook karena rata-rata tempat berkumpul online-nya komunitas blogger di sana. 

Sedangkan, kalau kamu serius mau menekuni pekerjaan sebagai blogger maka minimal kamu harus aktif di dua akun medsos yaitu Facebook dan Instagram. 

Maklum! Tuntutan blogger zaman sekarang itu pekerjaannya bukan cuma mengurus blog tapi juga harus aktif membuat konten di media sosial. Dengan aktif di media sosial kamu bisa membangun personal branding sekaligus memperluas jaringan.

Contohnya seperti teman saya yang satu ini. Namanya Mbak Naqiyyah Syam, Penulis Lampung yang lewat akun media sosialnya juga berhasil membangun branding sebagai. Blogger Lampung 

Itu dia beberapa tools yang sangat membantu saya dalam melakukan aktivitas blogging lewat hape. Hanya bermodalkan 5 tools tersebut, ngeblog melalui hape bisa lancar lho. Saya sudah membuktikannya sendiri.

Penutup

Tertarik mau mencoba ngeblog pake hape? Silakan! Tapi yang baru pertama kali mungkin akan mengalami kesulitan. Tak mengapa. Namanya baru mencoba, lama-lama juga. terbiasa, hehe

But saran saya kalau sudah terbiasa ngeblognya pake PC, ya sudah! Tidak usah beralih menggunakan hape kecuali sesekali, karena biar bagaimana pun blogger yang menggunakan laptop jauh terlihat lebih  profesional dibanding blogger yang ngeblognya hanya bermodalkan hape.

Eh tapi tak apalah kalau dianggap kurang profesional atau dikira kerjaannya main hape melulu. Terserah apa kata orang, yang penting sejauh ini saya masih tetap aktif dan semangat ngeblog even hanya menggunakan hape. Dan yang terpenting juga, meski kerjaannya sebagai blogger cuma bermodalkan hape tapi alhamduillaah cuan tetap ngalir. Asik!

Yuk, ah. Tetap semangat ngeblognya.  Tak ada laptop, hape pun jadi. *tsaaah. Sekian postingan saya kali ini. Semoga bermanfaat!
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Iqbal
    Iqbal 11 Juli 2023 pukul 08.10

    Saya jadi penasaran merk hape yang lagi dipakai saat ini apa mb? Kayanya sangat nyaman buat dipakai ngeblog ya.

  • Edot Herjunot
    Edot Herjunot 16 Oktober 2023 pukul 06.41

    kalo saya sampai saat ini masih lebih nyaman pakai desktop, pakai HP cuma kalau ngedit aja misal dibaca ulang ada kata-kata yang perlu dibenerin. Tapi kalau Canva itu udah wajib banget sih di era sekarang ini buat bikin ilustrasi di blog

Add Comment
comment url