Cari Teman Blogger, Jangan Ngeblog Sendirian

Bicara mengenai teman blogger saya jadi ingat. Dulu saya mengawali perjalanan ngeblog tanpa punya teman seorang pun. Belajar ngeblognya benar-benar otodidak. Sendirian dan hanya mengandalkan Google.

Bahkan karena tidak punya teman blogger sama sekali, saya sempat merasa menjadi blogger kesepian. Udah nggak punya teman, blog pun sepi kayak kuburan.

Eh masih mending kuburan. Masih ada yang kunjungi, lha blog saya, boro-boro ada yang mampir, lewat saja nggak. Ngenes banget, kan?

Pun karena saking sepinya, nggak pernah ketemu dengan bloger-blogger lain sampai terlintas pertanyaan konyol di benak saya, apa cuma saya satu-satunya blogger yang ada di dunia ini? haha.

Ya ampun! Ternyata mainnya saya saja yang kurang jauh. Bayangkan, setelah kurang lebih setahunan ngeblog sendirian barulah saya tahu kalau di luar sana ada banyak sekali blogger. Itu pun saya tahunya setelah gabung di komunitas blogger.

Setelah gabung di berbagai komunitas blogger dimana salah satunya adalah Komunitas Emak-Emak Blogger barulah saya akhirnya punya kenalan blogger. Nggak cuma satu, ada banyak, terpencar dari Sabang-Merauke. Maa syaa Allah, senang banget.

Gambar : freepik.com

Awal Gabung Komunitas Emak-Emak Blogger dan Bertemu Banyak Teman Blogger

Seingat saya, waktu pertama kali gabung di komunitas Emak-Emak Blogger (KEB), status saya masih lajang, belum jadi emak-emak. Makanya saya juga nggak langsung aktif karena pikirnya ini komunitas buat emak-emak.

Well, saya baru mulai aktif sebagai member KEB ya setelah jadi istri orang, hehe. Ketika aktif di komunitas inilah baru saya mulai mengenal banyak teman-teman blogger yang rata-rata merupakan emak-emak. Sesuailah dengan nama komunitasnya.

Yup, sebagian besar anggota yang tergabung di KEB adalah emak-emak, meski begitu komunitas ini juga menerima semua blogger perempuan baik yang sudah menikah maupun belum, termasuk juga yang sudah menikah dan belum punya anak.

Jujurly, waktu awal gabung saya sempat kaget. Ternyata banyak juga emak-emak di negeri ini yang hobi menulis di blog. Jumlahnya ada ratusan lho dan tersebar di penjuru Indonesia.

Salutnya lagi, ada member KEB yang usianya sebaya dengan mama saya. Bahkan yang usianya sudah menyentuh kepala 8 dan masih tetap produktif ngeblog juga ada. Maa syaa Allah.

Senangnya gabung di komunitas ini karena bisa berada dalam circle yang punya hobi dan passion sama dengan saya. Apalagi juga sesama emak-emak jadi bisa sekaligus dapat teman curcol ya, hehe.

Teman Blogger Lebih Banyak dari Teman di Dunia Nyata

Percaya nggak kalau saat ini teman saya lebih banyak dari kalangan blogger daripada teman di dunia nyata? Percaya saja deh karena kenyataannya memang begitu. 

Oh ya teman yang saya maksud di sini adalah teman yang masih sering berinteraksi dengan saya baik secara online maupun offline

Teman di dunia nyata sebenarnya banyak tapi satu per satu menghilang, nggak ada kabar. Apalagi setelah menikah dan merantau ikut suami. Rasa-rasanya saya seperti kehilangan semua teman yang dulunya akrab dengan saya. 

Jarak seakan menjadi penghalang kami untuk berinteraksi. Padahal kan sekarang zaman sudah canggih ya. Jarak seharusnya bukan menjadi penghalang. Kita masih bisa berkomunikasi lewat WA, meski itu hanya saling menyapa atau bertukar kabar?

Tapi entahlah, kemana perginya mereka? Mungkin sibuk dengan kehidupannya masing-masing. Alhasil satu-satunya teman dekat saya di dunia nyata ya cuma suami doang.

Kalau pun ada teman lain, paling cuma tetangga rumah. Itu juga nggak akrab gimana karena saya tipe emak-emak yang jarang keluar rumah dan nggak terlalu suka kumpul-kumpul.

Syukurnya walau teman akrab selain suami di dunia nyata nggak ada, Allah masih kasih saya rejeki dengan menghadirkan teman-teman blogger yang walau belum pernah bersua namun saya bisa merasa dekat karena membaca tulisan-tulisan curcol di blog mereka.

Yup, aktivitas blogwalking bisa mengakrabkan kita, kan?

Diah Alsa, Teman Blogger Paling Akrab

Faktanya, walau mengaku punya banyak teman blogger namun sejauh ini baru satu blogger yang benar-benar bisa mendekati dan mencuri hati saya, hehe.

Fyi, di dunia nyata saya adalah tipe orang yang pemalu dan tidak mudah akrab dengan orang lain. Untuk bisa akrab dengan saya ya kamu yang harus mendekati saya dulu.

Saya nggak bisa yang langsung mendekati orang dan sok-sok-an akrab. Kalau pun saya mencoba demikian akan terkesan kaku banget. Garing!

Beda halnya dengan Kak Diah Alsa, blogger asal Kendari yang punya karakter friendly, mudah akrab dengan semua orang. Makanya nggak heran kalau ada banyak blogger yang akrab dengan Mamak 3F ini.

Saya tidak ingat persis, bagaimana sampai saya bisa sedekat ini dengan Kak Diah Alsa, namun yang pasti itu karena dia yang lebih dulu pedekate dengan saya, hihi.  

Kami sampai pernah kolaborasi buat konten blog lho, sayang karena kesoksibukan collab-ya terputus di tengan jalan. Namun tentunya  
tidak dengan hubungan pertemanan kami, malah makin lengket :D

Padahal kami belum pernah ketemuan lho tapi kalau ngobrol bareng via WA udah rasa kayak saudara sendiri. Bisa chat berdua sampai berjam-jam. Bahas apa saja. Mulai dari urusan blog hingga urusan anak yang bikin kepala mumet, hehe.

Sampai-sampai tempat curhat saya selain suami ya Kak Diah ini. Pokoknya nyaman saja ngobrol dengan pemilik ruangmamak.com.

Apalagi semakin ke sini, kami punya banyak kesamaan. Sama-sama emak-emak beranak tiga yang semuanya cowok, sama-sama pakai KB IUD, sama-sama berasal dari Sulawesi, hmm apa lagi ya? 

Ya, pokoknya kalau sama Kak Diah udah sehati-lah. Walau belum pernah bersua tapi dekatnya udah kayak saudara sendiri. Berharap banget, semoga suatu hari nanti bisa bertemu dengannya. Aamiin.

Ingin Jadi Blogger? Jangan Ngeblog Sendirian

Terakhir, sebelum menutup postingan ini saya ingin berpesan terutama buat kamu yang baru memulai terjun di dunia blog.

Jangan ngeblog sendirian, kamu nggak akan kuat. Karena jadi blogger itu ada banyak tantangannya. Terlebih kalau kamu mau dapat penghasilan dari blog. Jalannya tidak mudah.
Kamu akan sulit berkembang kalau ngeblognya sendirian.

Ngeblog itu asyik kalau kamu punya banyak teman. Dengan kehadiran teman blogger juga akan sangat membantu kamu dalam membangun blog. Apalagi sebagai pemula. Pasti kamu butuh ilmu yang banyak. 

Walau sebenarnya sah-sah saja sih kalau kamu mau belajar secara otodidak tapi prosesnya lama, ribet. Lain hal kalau kamu belajar langsung sama blogger yang sudah lebih dulu berpengalaman. 

Karena itu jika ingin jadi blogger, carilah lebih dulu teman yang bisa membantu menuntunmu.  Nah, biar mudah menemukan teman blogger, akan lebih baik bila kamu bergabung di komunitas seperti KEB. Tentunya di sana kamu nggak hanya menemukan banyak teman, tapi juga bisa merasakan segudang manfaat lainnya.

Semoga ulasan saya kali ini bermanfaat ya. Selamat menemukan teman blogger yang sehati denganmu.



Previous Post
2 Comments
  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen 20 Oktober 2023 pukul 19.22

    Percayaaaaaa kok kalo temen mba di dunia Maya LBH banyak drpd yg nyata, karena aku pun begituuuuu 😄😄😄😄. Apalagi tipe introvert ya mba.

    Aku JD inget juga masa awal bikin blog. Samaaa sih, ga ada yg lirik 🤣🤣. Trus perlahan, mulai ada tuh 1-1 yg mampir, salah satunya almarhum mas cumi lebay. Gila tuh orang, udh femes waktu itu, tapi msh mau datangin blog yg lain dan pemula kayak aku. Dia salah satu yg rutin komen.

    Makanya aku ikutin banget saran dia, yg bilang jangan malu BW kemana2. Dari situ kita dpt banyak temen. Dan beneeer, aku dpt banyak teman dr blog, jauh LBH banyak drpd temen di dunia nyata.

    Itulah asyiknya blogger ya mba. Mungkin Krn sesama kita memang doyan menulis, jadinya pas ngobrol pun langsung berasa nyambung ❤️

  • Phebs
    Phebs 20 Februari 2024 pukul 07.47

    Sayapun. Merasa banyak juga teman blogger dari dulu sampai sekarang. Mungkin karena praktis juga bila ingin berkunjung tinggal buka gadget ya...Salam kenal

Add Comment
comment url