Manfaat Blogwalking bagi Blogger

Manfaat blogwalking perlu diketahui oleh kamu yang ingin fokus menggeluti dunia blog. Apa saja manfaat blogwalking bagi blogger. Yuk kita cari tahu!

Manfaat blogwalking bagi blogger

Istilah blogwalking tentu tidak asing lagi di kalangan blogger. Namun bagi kamu yang baru terjun di dunia blog, mungkin akan bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan blogwalking dan apa manfaatnya bagi blogger? 

Setelah tahu maksudnya, kamu pun mungkin akan bingung dan terheran-heran, mengapa para blogger senang melakukan blogwalking sampai-sampai bergabung di banyak grup yang khusus untuk melakukan aktivitas ini?

Biar tidak penasaran, langsung saja yuk kita bahas!

Apa itu blogwalking?

Sederhananya blogwalking merupakan aktivitas mengunjungi suatu blog dengan tujuan tertentu. Tujuan orang melakukan blogwalking ini macam-macam.

Ada yang berkunjung sekadar jalan-jalan, ada yang kunjungannya karena tersesat atau terdampar, ada pula yang sengaja berkunjung buat cari ide atau sekadar kepo dan tidak sedikit pula yang blogwalking karena kewajiban.

Soal kewajiban itu nanti kita bahas lebih detail ya, hehe.

Lalu bagaimana cara melakukan blogwalking? Gampang banget! Saat kamu tersesat di blog ini maka itu merupakan blogwalking

Saat kamu klik link blog yang dibagikan temanmu di beranda Facebook, itu juga blogwalking. Saat kamu buka Google dan mengetik sebuah keyword lalu masuk ke salah satu situs atau blog yang muncul di halaman awal pencarian, itu juga blogwalking.

Ya, intinya kalau kamu mengunjungi sebuah blog atau situs, entah lewat jalan mana pun, mau itu lewat Google, Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp dan lain-lain maka itulah yang disebut blogwalking.

Perlu dipahami juga bahwa meski istilah blogwalking hanya familiar di kalangan blogger, namun siapa saja termasuk yang bukan blogger bisa melakukan aktivitas ini. Namun di postingan ini saya fokus membahas aktivitas blogwalking yang dilakukan oleh para blogger. 

Selanjutnya mari kita intip bagaimana aktivitas blogwalking yang dilakukan para blogger dari masa ke masa?

Blogwalking dari masa ke masa

Duh gaya banget pake subjudul blogwalking dari masa ke masa segala padahal terjun ke dunia blog saja belum genap 1 dekade. Upst!

Makanya di sini saya cuma mau jelasin perbedaan blogwalking masa awal saya ngeblog dan blogwalking masa sekarang.

Fyi, saya pertama kali buat blog sekitar tahun 2011 tapi baru aktif ngeblognya tahun 2012. Waktu itu saya belum kenal istilah blogwalking tapi sudah sering melakukan aktivitas blogwalking, ngerti kan maksud saya?

Yup, maksudnya saya sudah sering mengunjungi satu blog ke blog lain tapi belum tahu kalau aktivitas yang saya lakukan itu namanya blogwalking.

Setahu saya dulu blogger melakukan blogwalking tanpa pamrih. Mereka berkunjung sesuka hati tanpa meminta blognya dikunjungi kembali. 

Sekadar datang untuk bertamu. Setelah itu kalau blognya dikunjungi balik alhamdulillaah, kalau tidak pun tak masalah.

Namun biasanya meski tidak diminta sekali pun si empunya blog yang dikunjungi terlebih dahulu akan punya kesadaran sendiri untuk bersilaturahmi balik ke blog tamunya itu, demikian seterusnya. 

Hingga tanpa disadari terciptalah aktivitas blogwalking yang tujuannya semata-mata untuk saling bersilaturahmi diantara sesama blogger.

But now?

Muncul istilah blogwalking organik dan blogwalking non organik. Orang yang berkunjung ke blog kita secara organik biasanya datang dari mesin pencari, mereka datang sendiri tanpa kita minta atau panggil.

Sedangkan yang melakukan blogwalking non organik ke blog kita adalah mereka yang memang punya kewajiban harus berkunjung dan meninggalkan jejak di blog kita. 

Kita pun punya kewajiban yang sama, harus berkunjung dan berkomentar balik di blognya karena sama-sama ikut list blogwalking.

Well, sudah menjadi rahasia umum bahwa blogger zaman now melakukan blogwalking bukan lagi sebatas silaturahmi tapi lebih pada saling support. Jadi di WA itu ada grup-grup yang dibuat khusus untuk aktivitas blogwalking.

Beidewei, saya juga punya grup blogwalking sendiri, namun berbeda dengan grup blogwalking pada umumnya. Grup yang saya buat adalah grup blogwalking tanpa komen.

Peserta yang ikut list tidak diharuskan memberi komen, kewajibannya cukup view makanya grupnya saya beri nama Support PV yang tujuannya memang cuma buat nambah-nambah pageview blog. Ada yang tertarik mau ikutan? *eh

Jadi kurang lebih seperti itulah perbedaan blogwalking dulu dan blogwalking sekarang. Namun meski tujuannya berbeda kita masih bisa memetik manfaat yang sama dari aktivitas ini.

Manfaat blogwalking untuk blogger

Terlepas dari tujuan melakukan blogwalking, entah sekadar bersilaturahmi atau sebatas saling support, kamu tetap akan mendapatkan manfaat yang sama dari kegiatan jalan-jalan ke blog lain.

Jadi blogger memang harus rajin blogwalking. Apalagi kalau tujuan kamu blogging buat dapat cuan. Justru  kalau kamu ngeblognya sendiri, males berkunjung ke blog tetangga kamu nggak bakal dapat apa-apa dari blog. Percaya deh. That's why, pekerjaan blogger nggak bisa lepas dari aktivitas blogwalking.

Nah, berikut ini beberapa manfaat blogwalking

Sebagai sarana promosi blog

Manfaat blogwalking yang pertama adalah dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan blog ke blogger lain.

Promosi lewat blog adalah dengan meninggalkan komentar di blog yang kamu kunjungi. Namun harus hati-hati, jangan asal berkomentar apalagi sampai meninggalkan tautan karena jika si pemilik blog tidak suka dia akan memasukkan komentarmu ke dalam spam.

Akan lebih baik jika kamu memberi komentar natural dan relevan dengan isi postingan, usahakan juga komentar yang kamu buat menarik sehingga dapat mengundang pengunjung lain untuk mencari tahu dan mendatangi blogmu.

Eniwei, menurut saya mempromosikan blog ke sesama blogger justru lebih efektif lho ketimbang ke orang yang awam dengan dunia blog.

Contohnya saja saya bisa kenal dengan Penulis Balikpapan, Mbak Aisyah Dian karena dia sering berkunjung dan berkomentar di blog saya. Akhirnya saya juga suka berkunjung ke blognya. 

Menemukan ide atau inspirasi menulis

Bukan penulis saja yang sering mengalami writer block, blogger juga. Ye kan blogger juga pekerjaannya menulis.

Nah, kalau sudah stuck menulis gitu, pelarian saya biasanya ya blogwalking.
Beneran deh, saya kalau lagi buntu menulis biasa atasinya dengan jalan-jalan ke blog lain buat cari ide, cari inspirasi, cari semangat juga, hehe. 

Namanya ide kan memang nggak ada yang orisinil, jadi kita bisa cari ide dimana saja termasuk saat berkunjung dan membaca blogpost blogger lain.

Misalkan saya ingin menulis tema traveling atau yang berkaitan dengan destinasi wisata di Balikpapan tapi bingung, merasa nggak punya ide karena belum pernah ke sana.

Untuk mendapatkan idenya itu tentu saya akan mencari referensi dengan mengunjungi blognya Travel Blogger Balikpapan.

Setelah blogwalking biasa ada saja ide yang nyangkut. Senangnya lagi kalau lagi dilanda bad mood menulis dengan sekali blogwalking saja semangat ngeblog saya bisa langsung kembali.

Manfaat yang satu ini bukan saya saja yang merasakannya, teman-teman blogger yang lain juga mengakuinya, bahwa aktivitas blogwalking bisa membantu kita menemukan ide sekaligus juga dapat memotivasi kita buat rajin ngeblog.

Memperluas jaringan atau networking

Manfaat blogwalking berikutnya adalah memperluas jaringan. Siapa sangka berawal dari blogwalking dengan saling memberi komentar positif bisa merekatkan hubungan antar blogger.

Ada yang kemudian menjadi teman akrab bahkan merasa seperti saudara sendiri meski belum pernah bersua di dunia nyata. 

Dari komunikasi yang terjalin dengan baik inilah yang dapat membuka kesempatan diantara para blogger tersebut untuk saling berbagi ide dan informasi. Bahkan tidak menutup kemungkinan ada aktivitas saling bertukar backlink antar blogger yang dapat menunjang performa blog. 

Itu dia beberapa manfaat blogwalking bagi blogger. Sebenarnya masih banyak manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan sendiri setelah rajin melakukan aktivitas ini. So, kalau ingin serius menekuni dunia blog jangan sampai lupa  blogwalking ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url