Cara Membuat Konten Kreatif di Blog yang SEO Friendly

Cara Membuat Konten Kreatif di Blog yang SEO Friendly

Cara membuat konten kreatif di blog yang SEO friendly perlu diketahui oleh para blogger. Pasalnya jumlah blogger dari tahun ke tahun terus bertambah sehingga persaingan di dunia blog juga semakin ketat.

Melansir data dari internetlivestats.com, pada tahun 2021 ada lebih dari 570 juta blog di internet, berdasarkan aktivitas yang dilaporkan oleh WordPress, Tumblr, Blogger, Wix, Squarespace, dan Medium (dan jumlah ini terus bertambah.

Dari banyaknya jumlah blog tersebut tercatat setidaknya ada 7 juta postingan yang diterbitkan setiap hari. Angka yang sangat fantastis, bukan?

Itu perhitungan secara global. Jika kita batasi dalam negeri jumlah postingan yang terbit setiap hari tentu tidak sebanyak itu namun diperkirakan tembus ratusan hingga ribuan postingan perhari.

Bayangkan! Konten blog kita harus bersaing dengan ribuan konten lainnya. Agar konten blog yang kita buat berpeluang besar dilirik oleh pengunjung, kita harus menempatkanya di posisi atas pada halaman mesin pencari.

Jelas ini tidak mudah. Bahkan meski pun sudah berada di halaman awal tidak semua orang mau meng-kliknya. Di sinilah dibutuhkan kreativitas dalam mengelola konten.

Pentingnya Blogger Membuat Konten yang Kreatif

Content is king. Demikian ungkapan yang sudah sering saya dengar semenjak terjun di dunia blog. Ungkapan ini juga berlaku bagi pengguna platform lainnya.

Yap, dimana-mana, konten adalah rajanya.  Mau itu di blog, youtube, instagram maupun tiktok. Meski tidak dimungkiri menerapkan teknik optimasi juga penting tapi konten tetap adalah yang utama.

Sekali pun kita sudah maksimal menerapkan SEO namun bila konten blog yang kita buat asal-asalan, idenya tidak orisinil, asal comot sana sini maka hasilnya sama saja. Tidak akan menarik perhatian pengunjung.

Beda halnya kalau kita menghadirkan konten yang unik dan berkualitas. Tentu akan ada yang melirik, apalagi kalau diiringi pula dengan teknik optimasi yang tepat.

Saya sendiri punya pengalaman beberapa kali membuat konten blog tanpa optimasi. Saat itu saya memang belum mengenal SEO, tahunya menulis doang

Eh nggak nyangka ternyata konten yang saya saya buat tanpa menerapkan ilmu SEO itu mendapat trafik yang besar dari mesin pencari. 

Setelah belajar SEO on page barulah saya merasa heran dan bertanya-tanya, kenapa bisa ada postingan blog saya yang berhasil nangkring di page one Google padahal saat itu saya sama sekali tidak menerapkan teknik optimasi mesin pencari?

Jawabannya ya itu tadi. Karena konten adalah raja. Semakin bagus konten yang kita buat, semakin banyak pula peminatnya. 

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa membuat konten yang disukai banyak orang memang membutuhkan kreativitas yang tinggi. 

Konten yang diolah secara kreatif akan terlihat menonjol dan inilah yang membuatnya unggul dibanding konten yang dibuat ala kadarnya.

Meski demikian jangan sampai salah kaprah juga dengan ungkapan di atas. Konten memang raja tapi apalah arti raja tanpa istana maupun singgasana. 

Dalam artian selain mengutamakan konten kita juga harus memperhatikan tampilan blog demi kenyamanan pembaca.

Setidaknya kita harus memastikan blog yang kita kelola memiliki desain yang baik, navigasinya jelas, warnanya tidak menyala, typografi atau font-nya mudah terbaca dan saat diakses proses loading-nya cepat.

Untuk itu idealnya dalam pembuatan konten blog kreatif kita tidak boleh mengabaikan SEO karena keduanya saling menunjang. Lantas seperti apa cara membuat konten kreatif yang SEO friendly? Yuk kita bahas!

Tips Membuat Konten Kreatif di Blog yang SEO Friendly

Membuat konten kreatif di blog memang bukan hal yang mudah. Apalagi kita harus menerapkan SEO agar blog kita berpeluang besar menempati posisi di halaman muda mesin pencari.

Itu dia tantangannya menjadi blogger. Pekerjaan blogger bukan semata-mata menulis, tapi juga harus mampu menciptakan konten yang menarik. 

Dimana konten yang dimaksud di sini bukan hanya berupa tulisan melainkan juga gambar, infografis atau video yang bisa disisipkan ke dalam postingan blog.

Well berdasarkan pengalaman dan berbagai referensi yang saya baca, berikut ini beberapa cara membuat konten blog yang kreatif dan ramah terhadap mesin pencari :

Mencari ide blogpost 

Hal pertama dan yang utama yang perlu kita lakukan dalam proses membuat konten kreatif adalah mencari ide. 

Proses ini bisa dibilang susah-susah gampang. Banyak penulis maupun blogger yang biasanya mengalami writer's block karena terkendala masalah ide.

Hal tersebut sebenarnya lumrah terjadi. Namun bukan berarti menjadi penghalang. Kalau merasa kehabisan ide kita bisa berhenti sejenak dari blog lalu beralih ke aktivitas lain yang bisa membantu kita menemukan ide.

Ada banyak kok aktivitas yang ketika dilakukan  
mendatangkan inspirasi seperti dengan menonton film, membaca novel, jalan-jalan, makan dan lain sebagainya.

Riset kata kunci sebelum membuat konten

Poin ini berkaitan dengan artikel yang SEO friendly. Bicara SEO tentu tidak lepas dari yang namanya kata kunci. Pasalnya pengunjung ketika mencari informasi di Google atau search engine lainnya adalah dengan memasukkan kata kunci. 

Dari penelusuran kata kunci itu nantinya yang akan menampilkan halaman hasil pencarian atau lebih dikenal dengan istilah SERP (Search Engine Result Page).

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, persaingan di mesin pencari saat ini sangat ketat. Blog kita akan sulit muncul di SERP bahkan tenggelam tanpa riset keyword. Oleh karenanya mengandalkan konten berkualitas tidak cukup. 

Pastikan konten blog orisinil

Setelah menemukan ide dan melakukan riset kata kunci langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah membuat konten orisinil.

Pastikan konten blog yang kita olah benar-benar orisinil atau asli bukan hasil dari menjiplak karya orang lain karena hal ini menyangkut eksistensi blog kita.

Pasalnnya Google sangat mengapresiasi konten yang dibuat dengan unsur orisinil. Sebaliknya, justru dipertanyakan kreativitasnya jika konten yang kita publikasi di blog ternyata merupakan hasil curian.

Efek dari membuat konten plagiat sudah pasti merugikan. Bukannya mendapatkan posisi bagus di SERP blog kita akan jelek di mata mesin pencari, bahkan bukan tidak mungkin kena penalti dari Google.

Buat konten dengan style sendiri

Konten kreatif identik dengan ciri khas. Oleh karenanya sebagai blogger kita perlu punya style sendiri. Tidak perlu ikut-ikutan gaya orang lain.

Justru dengan memiliki gaya sendiri kita bebas berekspresi dan berkreasi. Selain itu adanya ciri khas akan membuat konten kita terlihat unik sehingga mudah diingat dan mendapat nilai lebih di mata pengunjung.

Misalnya kita adalah seorang travel blogger, usahakan kita punya ciri khas atau gaya tersendiri ketika menuliskan cerita tentang jalan-jalan. Pengunjung jelas akan lebih mudah mengingat dan tertarik dengan blogger yang memiliki keunikan dalam mengelola blognya. 

Lengkapi konten blog dengan desain grafis

Tips membuat konten blog kreatif berikut ini jangan sampai terlewatkan ya. Konten yang kreatif tidak cukup berisi tulisan saja.

Agar terlihat lebih menarik kita perlu melengkapinya dengan desain grafis berupa gambar, infografis atau video.

Konten yang dilengkapi dengan desain visual  pastinya akan lebih berwarna dan menarik perhatian pengunjung dibanding konten yang isinya hanya berupa tulisan.

Demikian beberapa cara membuat konten blog kreatif dan memenuhi kaidah SEO. Bagaimana? Sudah ada gambaran mau buat konten blog apa hari ini? Atau masih bingung karena merasa tidak punya ide. 

Tenang, tidak perlu khawatir, sebenarnya kita tidak pernah kehabisan ide. Inspirasi itu banyak. Tersebar dimana-mana, tugas kita cukup menangkapnya. Apalagi dengan memanfaatkan internetnya Indonesia. Mencari ide bukan lagi hal yang sulit.

Manfaat Internet untuk Mencari Ide Konten Blog yang Kreatif

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menemukan ide konten blog kreatif. Salah satunya yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan internet.

Dengen internet kita dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa batas, termasuk dalam mencari ide-ide konten yang kreatif dan menarik untuk blog.

Sejauh ini saya sangat merasakan manfaat internet yang menunjang aktivitas saya sebagai blogger dalam membuat konten kreatif.

Misalnya saja, saya ingin membuat konten tentang wisata madura, tapi masalahnya saya sendiri belum pernah menginjakkan kaki ke daerah yang terletak di Jawa Timur itu.

Kalau begitu, bagaimana saya bisa menuliskan artikel yang menarik seputar destinasi indah di Madura sementara saya belum pernah ke sana.

Nah, kuncinya adalah riset. Untuk menuliskan keindahan suatu daerah, kita tidak harus berkunjung langsung ke sana. Kita bisa memanfaatkan internet untuk melakukan riset dan mencari berbagai informasi seputar tempat wisata di Madura. Hasil riset itulah yang nantinya bisa kita olah menjadi konten yang kreatif.

Honestly, pekerjaan saya di ranah digital khususnya sebagai blogger memang sangat dimudahkan dengan adanya internet. Bersyukur pula aktivitas saya ini didukung dengan jaringan stabil dari IndiHome sehingga urusan mencari konten menjadi mudah.

Tidak hanya itu, saya juga biasanya memanfaatkan internet untuk belajar SEO secara otodidak baik dengan membaca berbagai literatur digital dari pakar SEO, menonton video tentang SEO di Youtube maupun ikut berbagai Zoominar yang menambah pengetahuan saya seputar SEO.

Demikianlah manfaat internet Indonesia dalam menunjang pekerjaaan saya sebagai blogger dalam menciptakan konten yang kreatif dan memenuhi kaidah SEO.

Kalau kamu sudah merasakan manfaat apa saja dari Internetnya Indonesia? Boleh dong sharing di kolom komentar.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url